HARIO V60 VS CHEMEX: PERSAMAAN & PERBEDAANNYA

HARIO V60 VS CHEMEX: PERSAMAAN & PERBEDAANNYA

 
Di ranah pour over coffee, nama Hario V60 dan Chemex adalah idola. Keduanya serasa menduduki peringkat teratas alat seduh manual yang paling banyak dipilih para penikmat kopi. Jadi sebenarnya mana yang lebih asik, Hario V60 atau Chemex?

SEBAGAI penikmat kopi manual brew dari genre pour over atau filter coffee, nama Hario V60 dan Chemex adalah alat seduh yang paling sering saya gunakan. Meski sesekali saya menggunakan Kalita Wave, Kinto Carafe, Bonavita Dripper, Look Yami dan lain sebagainya tetapi kedua alat kopi ini tetap jadi idola. Berkali-kali juga saya ditanya mana yang lebih saya suka di antara keduanya. Well, dari segi suka tentu keduanya berbeda meski ada persamannya. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang mungkin belum diketahui banyak orang yang tak pernah seduh dengan kedua alat ini.

Dan daripada banyak yang penasaran dan kerap bertanya “Hario V60 ataukah Chemex yang paling saya suka?” sebaiknya saya memaparkan apa perbedaan dan persamaan dari kedua alat seduh manual ini. Semoga membantu kalian yang selama ini galau memilih antara Hario V60 ataukah Chemex ya.


Persamaan Hario V60 & Chemex 
Kedua alat ini sama-sama merupakan alat seduh manual di genre filter coffee atau juga dikenal dengan pour over coffee karena memiliki metode tuang dan seduh. Pun juga sama-sama menggunakan kertas penyaring (paper filter) dalam penyajiannya.
   
Dalam menyeduh, keduanya memerlukan coffee scale dan gooseneck kettle sebagai pendukung.
Keduanya biasanya menggunakan kopi dengan level gilingan medium.Hario V60 dan Chemex sama-sama bisa menggunakan metal filter baik itu dari Able Kone maupun merek lain.
Hario V60 dan Chemex sama-sama memiliki aneka ukuran.
Keduanya menghasilkan kopi yang clean dan flavourful.



Perbedaan Hario V60 & Chemex
   
Hario V60 memiliki beragam material dripper (penetes kopi). Mulai dari plastik, keramik, kaca hingga copper. Sedangkan Chemex hanya terbuat dari kaca kualitas tinggi dan tidak ada material lainnya.
   
Hario V60 desainnya hampir serupa meskipun memiliki material berbeda. Yang membedakannya hanya ukuran, material dan warna dripper saja. Sedangkan Chemex memiliki aneka ukuran dan aneka desain. Ada dua jenis desain Chemex yaitu yang menggunakan collar wood dan yang menggunakan handle. Kedua desain ini memiliki aneka ukuran dan besar wadah.
   
Harga dari Hario V60 Dripper lebih terjangkau mulai dari 70 ribu rupiah untuk yang berbahan plastik. Sedangkan Chemex memang sedikit lebih mahal dengan harga termurah mulai dari 645 ribu rupiah.
   
Perbedaan mencolok antara keduanya juga terdapat pada kertas penyaring yaitu pada Hario V60 paper filter ada dua jenis yaitu paper filter white bleeched dan paper filter cokelat natural. Harganya jauh lebih hemat daripada paper filter Chemex. Paper filter ini juga tersedia dari beragam ukuran sesuai dengan dripper yang kamu punya. Sedangkan Chemex memiliki dua jenis paper filter yaitu white bleeched dan natural. Keduanya dalam ukuran yang jauh lebih besar dari paper filter Hario V60. Karena ukurannya lebih besar otomatis harganya lebih mahal. Paper filter Chemex juga dinilai kurang eco-friendly.
   
Dalam proses penyeduhan, Hario V60 lebih cepat daripada Chemex. Hal itu terjadi karena Hario V60 dilengkapi dengan ulir pada dripper-nya, jadi air menjadi cepat turun karena bantuan udara. Sedangkan Chemex proses penyeduhannya lebih lama karena paper filter yang dilipat-lipat membuat kopi bertumpu pada satu titik dan menyebabkan air mengucur lebih lambat.


Meskipun keduanya sama-sama menghasilkan kopi yang clean dan flavourful, Chemex selangkah lebih unggul dari segi hasil. Chemex dinilai menghasilkan kopi yang jauh lebih clean dan pastinya berbeda dari Hario V60.

Hario V60 bisa langsung diseduh di atas cangkir karena dripper memungkinkan berpindah wadah. Sedangkan Chemex tidak bisa karena melekat pada carafe yang menampungnya.
   
Hario V60 dripper lebih anti-pecah untuk material plastik dan copper. Sedangkan Chemex lebih rentan pecah.

Desain Chemex dinilai lebih cantik. Baik untuk tipe wood collar maupun handle. Sedangkan desain Hario V60 dinilai biasa saja.

Karena memiliki dripper dengan material copper, maka Hario V60 mampu menghasilkan kopi yang apik karena pada proses seduh panas air pada dripper merata. Sedangkan Chemex tidak mampu seperti itu.
Untuk pemula disarankan membeli Hario V60 dulu karena harga lebih hemat dan material lebih kuat.
Hario V60 berasal dari Jepang sedangkan Chemex berasal dari Amerika Serikat.
   
Kini Chemex memiliki alat seduh otomatis yang diberi nama Ottomatic sedangkan Hario V60 tetap kokoh pada cara seduh manual.
   
Chemex lebih dahulu lahir dari Hario V60. Jadi Chemex ini sudah ada jauh sebelum ada jenis pour over lain termasuk Hario V60.
   
Chemex dibuat secara manual hand made (terutama yang handblown) dengan sangat hati-hati. Semuanya diciptakan dengan ketelitian yang sama seperti menciptakan karya seni. Sedangkan Hario V60 diciptakan oleh mesin pabrikan.
   
Dengan desain yang sangat klasik dan berbeda Chemex terlihat begitu mewah dan berkelas. Sedangkan Hario V60 tidak seunggul Chemex dalam segi desain.
   
Paper filter Chemex lebih menyerap minyak pada kopi sehingga hasil seduhan lebih clean daripada paper filter Hario V60.
   
Pada bagian dasar Chemex terdapat sebuah tonjolan seperti pusar yang mampu memudahkan penggunanya jika tidak memiliki coffee scale, sedangkan Hario V60 tidak.
   
Dengan Chemex kamu tidak memerlukan membeli server dan wadah lagi. Hal ini berbeda dengan Hario V60 yang membutuhkan wadah untuk penampungnya.

sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==