APAKAH COLD BREW LEBIH SEHAT DARI KOPI PANAS?

APAKAH COLD BREW LEBIH SEHAT DARI KOPI PANAS?

 
Cold brew katanya lebih sehat dari kopi seduh panas? Well, jangan langsung emosi dan buru-buru menyiapkan argumen perihal ini karena ternyata jawabannya ada di artikel ini.

JUJUR saat membaca sebuah artikel di situs online internasional dengan judul kurang persis sama seperti judul artikel ini saya juga bergidik. Bukan kenapa-kenapa ada perasaan tidak terima saat dikatakan bahwa seduh dingin lebih sehat dari seduh panas. Bagaimana bisa dingin lebih baik dari panas sedangkan dalam segi apapun panas lebih baik dari dingin. Well, baik lupakan!

Usut punya usut dan setelah membandingkan dari beberapa artikel yang kurang lebih serupa saya menemukan jawabannya. Cold brew tidak lebih sehat dari kopi panas secara belum ada penelitian yang benar-benar valid. Tapi benar dikatakan bahwa cold brew memiliki lebih sedikit kadang acid ketimbang kopi panas. Jadi karena kadar acid-nya lebih sedikit dari kopi panas maka baik untuk mereka yang memiliki masalah perut dan tingkat keasaman.

Juga karena kadar acid yang lebih rendah maka juga baik untuk mereka yang memiliki masalah gigi. Jadi jika dikatakan cold brew lebih sehat dari kopi panas maka jawabannya benar tapi hanya untuk mereka yang tidak bisa mengonsumsi zat yang memiliki acid yang tinggi. Kehadiran cold brew adalah solusi untuk kamu yang memiliki masalah serupa.

Tapi ternyata untuk urusan antioksidan yang memang ada di dalam kopi, cold brew ternyata tidak seluar biasa kopi panas. Para peneliti mengatakan bahwa kopi panas mengandung antioksidan lebih banyak daripada cold brew. Pada proses cold brew terjadi penurunan ekstraksi asam klorogenat, yang merupakan antioksidan yang sangat bioavailable. Cold brew bukan tidak mengandung antioksidan sama sekali, tetapi kadarnya sudah menurun dan tidak sebanyak kopi panasmu yang kamu seduh setiap pagi itu.

Jadi begini saja, daripada bingung ingin seduh panas atau seduh dingin maka kenali kebutuan atau kabulkan keinginan. Jika ingin antioksidan dan cuaca sedang sejuk, bolehlah seduh kopi panas. Tapi jika perut sedang tak baik dan cuaca pun ikutan gerah maka cold brew adalah jawabannya. Lagian mau panas ataupun dingin kopi tetap sama-sama membahagiakan kok!


sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==